MANFAAT BATANG BROKOLI

Manfaat Batang Brokoli
=====================




Brotowali adalah tanaman liar yang banyak mengunakannya sebagai obat seperti Obat Titan Gel dan tanaman ini tumbuh di wilayah Jawa, Bali dan Ambon. Nama lain brotowali adalah antawali, andawali, putrawali atau daun gadel. Daun dan juga batang brotowali sering dijadikan sebagai obat herbal karena dipercaya memiliki efek menyembuhkan.

Anggapan mengenai efek menyembuhkan dari daun dan batang brotowali sangatlah tidak berlebihan. Hal ini dikeranakan kandungan brotowali yang sangat bermanfaat. Adapun kandungan di dalamnya antara lain, Alkaloid, Berberin dan Columbina yang dipercaya mampu melawan bakteri seta mempercepat penyembuhan luka. Tidak hanya itu, daun dan batang brotowali juga mengandung zat pahit yang disebut sebagai pikotrein. Zat pahit ini mampu merangsang kinerja syaraf, otot dan juga sistem pernafasan dalam tubuh. Karena rasa yang pahit inilah , jamu yang terbuat dari batang dan daun tanaman ini disebut sebagai jamu paitan.


Daun dan batang brotowali sangat sering dijadikan sebagai bahan baku jamu jawa yang sering dijual oleh pedagang jamu keliling. Hal ini dikarenakan manfaat batang brotowali dan juga daunnya yang sangat besar. Berikut ini kami rangkumkan beberapa manfaat batang brotowali dan daunnya bagi kesehatan.
\
1. Menambah nafsu makan

Hilangnya nafsu makan merupakan salah satu masalah yang serius bagi kesehatan. Jika terus dibiarkan, tubuh dapat mengalami mal nutrisi sehingga tumbuh kembang tidak dapat dilakukan dengan baik. Cara yang kerap ditempuh untuk mengembalikan nafsu makan adalah degan mengkonsumsi suplemen yang diresepkan dokter. Padahal sebenarnya suplemen bukanlah satu – satunya cara. Nafsu makan Anda bisa kembali dengan mudah hanya dengan meminum air rebusan daun dan batang brotowali. Memang rasanya pahit, namun Anda bisa mengakalinya dengan menambahkan madu atau gula batu.

2. Mempercepat penyembuhan luka

Daun dan batang brotowali mengandung senyawa aktif yang mampu melawan bakteri penyebab infeksi. Kandungan antioksidan di dalamnya juga akan membuat luka cepat mengering. Untuk mendapatkan manfaat batang brotowali yang satu ini, Anda hanya perlu menumbuk batang dan daun brotowali lalu menempelkannya pda luka. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan air rebusan antawali sebagai pembasuh luka untuk mempercepat proses penyembuhan.

3. Mengatasi masalah kulit

Berbagai masalah kulit seperti gatal-gatal, kudis, panu dan kurap dapat diatasi dengan mudah menggunakan brotowali. Caranya, ambil beberapa daun dan batang brotowali lalu tumbuh hingga halus. Campurkan sedikit belerang dan juga minyak kelapa. Gunakan campuran ini untuk menggosok bagian kulit yang mengalami gatal atau infeksi jamur.

4. Menurunkan gula darah

Jika Anda mengalami masalah dengan gula darah, Anda bisa mengkonsumsi air rebusan brotowali, kumis kucing dan sambiloto secara teratur. Perpaduan ramuan herbal ini akan membantu tubuh mengontrol gula darah sehingga dapat mempercepat penyembuhan penyakit diabetes. Bahkan manfaat brotowali untuk diabetes sudah tak di ragukan lagi dari segi medis.

5. Menurunkan demam

Manfaat batang brotowali yang jarang diketahui lainnya adalah sebagai obat penurun demam. Mengkonsumsi air perasan batang brotowali yang dicampur dengan madu akan menurunkan demam dengan segera.

6. Menyembuhkan hepatitis

Hepatitis atau disebut juga dengan penyakit kuning adalah penyakit yang disebabkan oleh meningkatnya bilirubin dalam tubuh. Ciri paling khas dari penyakit ini adalah kuku dan mata yang mulai menguning. Jika tak segera diatasi, penyakit kuning dapat mengancam nyawa penderitanya.

Penyakit kuning biasanya diobati dengan jalan medis. Namun, penyakit ini juga bisa disembuhkan melalui obat-obatan herbal, salah satunya adalah dengan menggunakan brotowali atau antawali. Caranya tebilang sangat mudah. Anda hanya perlu mengkonsumsi ¾ gelas air rebusan batang brotowali 2 kali dalam sehari.

7. Mengobati rematik

Rematik merupakan radang sendi yang seringkali menyebabkan nyeri hebat. Karenanya, jika tak segera diobati akan menyebabkan gangguan rutinitas harian. Cara yang paling mudah mengatasi rematik adalah dengan membuat ramuan brotowali. Rebus daun dan batang brotowali lalu minum airnya dua kali sehari masing-masing ½ gelas belimbing.

8. Mengobati malaria

Meminum ramuan brotowali 3 kali dalam sehari dapat menjadi obat malaria yang paling ampuh. Tak hanya itu, air rebusan brotowali juga akan meringankan nyeri sendi ketika malaria kambuh.

9. Memperbaiki kinerja sistem syaraf

Batang brotowali mengandung senyawa pikoretin yang mampu merangsang kinerja urat dan syaraf. Karenanya, tanaman herbal yang satu ini juga sering dimanfaatkan untuk mengatasi kelumpuhan.

10. Mengobati kanker serviks

Manfaat batang brotowali yang paling mengejutkan adalah kemampuannya untuk mengobati kanker serviks. Sebuah penelitian yang dilakukan di India pada tahun 1998 menunjukkan bahwa ekstrak brotowali bersifat sitotoksik dan mampu melawan kanker serviks.

Komentar